FAQ

1. Produk GHIA Farms apa saja yang bisa kamu beli melalui official webstore ini?

Anda dapat melihat kategori produk lengkap kami dalam halaman Produk Pengiriman 
Jabodetabek atau Produk Pengiriman Bali

2. Bisa dikirimkan kemana saja?

Saat ini terdapat 2 lokasi pengiriman untuk jenis-jenis produk yang berbeda. Untuk pengiriman di lokasi Bali mohon mengacu pada Produk  Pengiriman dari Bali  (Kategori "Bali"). Sedangkan untuk pengiriman area Jabodetabek mohon mengacu pada  Produk  Pengiriman Jabodetabek (Kategori "Jabodetabek").

Saat ini, Produk yang termasuk dalam kategori Produk Pengiriman Bali hanya dapat menerima pengiriman untuk area Bali. Mohon membaca halaman Syarat & Kententuan agar terhindar dari kesalahan saat melakukan pemesanan.

Terdapat beberapa produk kami yang juga dapat dikirimkan ke seluruh Indonesia. Mohon mengacu pada deskripsi dari setiap Produk. 


Untuk lebih detilnya, mohon mengacu pada halaman Syarat & Ketentuan -> Syarat Ketentuan Pembelian pada Bagian C. Proses Pengiriman dan D. Wilayah Pengiriman

3. Mengapa Anggrek yang saya terima daunnya kusut?

Daun yang keriput atau berlipat disebabkan oleh kurangnya kelembaban yang mencapai bagian vegetatif tanaman atau terlipat pada saat proses perjalanan. Ini bisa disebabkan oleh tidak cukup air, atau terlalu banyak air. Jika Anda tidak tahu apa yang telah Anda lakukan, keluarkan tanaman dari pot dan periksa akarnya. Jika berwarna putih atau cokelat, kencang, dan menyebar ke seluruh campuran, Anda perlu meningkatkan frekuensi penyiraman.

Jika akarnya tampak kecoklatan dan lembek, potong, ganti menjadi campuran baru, dan kurangi frekuensi penyiraman. Selalu ingat, anggrek tidak boleh berdiri langsung di air.


4. Haruskah saya mengganti pot anggrek saya setelah membeli?

Aturan praktis yang baik adalah memasang pot baru sesegera mungkin setelah dibeli. Biasanya ini berarti ketika mekar. Anggrek perlu di re-poting (penggantian akar) sebelum medianya rusak dan menghisap akar.

5.  Bagaimana cara merawat tanaman yang saya terima?

Setiap tanaman memiliki cara perawatan yang berbeda. Anda juga dapat mengacu pada deskripsi pada masing-masing halaman produk yang di beli.

A. Anggrek Phalaenopsis

Biasanya ketika tanaman anggrek baru datang, kondisinya akan seperti ini:
  • Jika yang sudah berbunga, bunga terlihat agak layu atau menguncup
  • Daun terlipat, bisa juga hingga menguning atau bahkan basah hingga busuk
Hal tersebut adalah sangat wajar, mengingat karena kelembapan tinggi selama dalam packaging dan perjalanan atau temperatur dan suhu yang tinggi (panas) menyebabkan tanaman yang baru dipindah terlihat layu dan lemas.

Sehingga cara handling ketika tiba:

1. Segera buka packaging dengan hati-hati apalagi kalau anggrek dalam kondisi berbunga, angin-anginkan tanaman supaya segar kembali.

2. Siapkan pot untuk tanaman pot plant, karena tanaman dikirimkan dengan soft pot. Siapkan moss untuk media tanam pada pot yang sudah ada.

3. Ketika tiba, tanaman anggrek jangan langsung disiram air, hal ini akan menyebabkan tanaman anggrek kaget lalu layu, cek terlebih dahulu pada akar tanaman jika masih basah atau lembap cukup tempatkan di tempat suhu ruang (23-25C) atau di luar ruangan namun terhindar dari sinar matahari secara langsung. Siram dengan menggunakan spray pada akar cukup sekali per lima hari, hindari menyiram pada daun. Pastikan kelembapan anggrek maksimal pada 70-85%.

4. Terdapat perbedaan dalam handling atau perawatan pot plant Anggrek Phalaenopsis pada beberapa stage berikut ini:
  • Bibit Dewasa Unspike : Agar bertumbuh dengan baik hingga mengeluarkan spike dan pada akhirnya berbunga, pada siang hari tempatkan pada suhu 25-28C sedangkan pada malam hari tempatkan pada suhu 15-18C
  • Bibit Dewasa Spike 10-20cm, 30-40cm, dan bibit siap mekar : Agar knop dapat berbunga pada akhirnya, pada siang hari tempatkan pada suhu 25-28C sedangkan pada malam hari tempatkan pada suhu 22-23C.
  • Pada anggrek phalaenopsis yang sudah berbunga, suhu maksimal pada siang dan malam hari dapat berkisar antara 22-30C.
5. Anggrek Phalaenopsis biasanya memiliki waktu berbunga 1-2 kuntum dalam seminggu. Hindari bunga dari gesekan atau benturan benda keras.

6. Jika ingin melakukan pemupukan, Anda dapat menggunakan pupuk NPK. Gunakan dengan takaran 0,5gr/liter, cukup 1 kali dalam selang 10 hari.

7. Jika Anda ingin merawat Anggrek Phalaenopsis dari hama menggunakan pestisida, Anda dapat menggunakannya 1x tiap satu minggu

8. Jika tanaman adalah jenis potong tangkai / cutting, segera lepaskan dari dakron dan tube kemudian tempatkan ke dalam vas berisi air dingin. Potong tangkai secara melintang 0,3 - 0,5cm (3-5 mm) dan ganti air secara berkala setiap hari. Jika memungkinkan, simpan pada kulkas bunga atau chiller untuk ketahanan yang lebih lama.

B. Anthurium

Biasanya ketika baru tiba, kondisi barang yang diterima adalah:
  • Bunga terlihat berembun atau beruap pada kemasan plastik
  • Tangkai menjadi coklat dan air pada tube berkurang atau kosong
Sehingga cara handling ketika tiba:

1. Segera lepas plastik pada bunga anthurium, plastik ini berguna untuk melindungi selama packing dalam perjalanan

2. Lepas tube, potong ujung tangkai 0,1-0,3cm (1-3 mm) secara melintang dan tempatkan pada vas berisi air dingin. Jika ingin dipakai menggunakan tube, ganti air pada tube secara berkala.

3. Pastikan bunga anthurium tersebut di tempatkan pada ruangan dengan temperatur yang tidak terlalu panas, semakin panas ruangan akan mempercepat layunya anthurium potong. Tempatkan di suhu ruangan yang sejuk atau ruang AC (16-22C).

4. Ganti air dengan air dingin 2 hari sekali.

5. Untuk ketahanan maksimal, jangan lepas tube walaupun dimasukan ke dalam rangkaian.

6. Berapa lamakah ketahanan anggrek cutting warna original dan tinted/dyed?

Cutting warna original (putih dan ungu) bisa tahan hingga 7 hari, sedangkan tinted/dyed dapat bertahan hingga 3-4 hari (dalam kondisi yang disarankan / teknik handling yang tepat (setelah diterima))

7. Berapa lamakah ketahanan anthurium cutting warna original dan tinted/dyed?

Cutting anthurium original bisa tahan 1-2 minggu, sedangkan tinted/dyed dapat bertahan hingga 5-7 hari (dalam kondisi yang disarankan / teknik handling yang tepat (setelah diterima))

8. Jika ada keluhan atau ketidaksesuaian barang yang saya terima dengan yang saya pesan, kemana saya harus menghubungi ?

Anda dapat menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami