Cara merawat Anggrek Bulan

26 February 2021 Cara merawat Anggrek Bulan
Bunga Anggrek Bulan adalah tanaman yang cantik yang dapat di gunakan untuk menghias ruangan favoritmu di rumah, kantor ataupun teras. Penting sekali untuk memperhatikan cara merawat anggrek bulan agar tanamanmu ini tetap dapat hidup, tumbuh lebat dan subur.

Kesuksesan dari tanaman anggrek bulan dapat di lihat dari elemen yang seimbang antara pencahayaan, suhu, kelembapan, air, pupuk dan pencegahan hama.

Berikut adalah panduan untuk merawat anggrekmu:

1. Cahaya yang tidak berlebihan
Kamu harus memperhatikan posisi penempatan Anggrek Bulanmu karena tidak seperti tanaman lainnya, anggrek bulan tidak memerlukan sinar matahari langsung yang terlalu keras. Sebaiknya, taruh di dalam rumah dengan posisi cahaya alami yang terang dan tersaring dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Ciri-ciri Anggrek Bulan yang terlalu banyak terkena sinar matahari adalah saat daun Anggrek yang berwana hijau berubah menjadi kuning.


 2. Suhu yang pas
Simpan bunga Anggrek Bulanmu pada suhu yang sedang sehingga bungamu dapat tumbuh dengan maksimal.

Pada siang hari, suhu yang ideal adalah pada 28-30 derajat Celcius sedangkan untuk malam hari simpanlah pada suhu ruang (16 hingga 24 derajat Celcius). 

Toko Bunga Anggrek


3. Sirkulasi Udara & Kelembapan
Kelembapan sangatlah berhubungan dengan suhu. Semakin tinggi suhu, maka akan semakin besar kebutuhan tanaman akan kelembapan dan sirkulasi udara yang baik.

Kelembapan yang cocok untuk bunga Anggrek Bulan adalah sebesar 60%. Kamu dapat memberikan piring berisi air di bawah pot untuk menjaga kelembapannya. Di saat yang bersamaan, perhatikan juga aliran udaranya. Udara yang segar dapat menjaga bentuk bunga dan mencegahnya dari pembusukan, jamur, dan penyakit. Berikanlah bungamu aliran udara yang cukup, mungkin dengan bantuan dari kipas angin pada ruangan.

4. Air
Kamu harus tau seberapa sering Anggrekmu disirami. Menyiram bunga Anggrek Bulan dengan terlalu banyak air justru akan membuatnya cepat mati.

Siramlah air pada akar bunga Anggrekmu, jangan menyiram langsung pada daunnya. Kamu cukup untuk melakukan penyiraman seminggu sekali. 

5. Pupuk
Kamu dapat memberikan pupuk kepada bungamu sehingga lebih banyak nutrisi yang di dapatkan yang dapat membantu proses pertumbuhan lebih cepat.

Gunakanlah pupuk NPK dengan takaran 0,5gr/liter, cukup 1 kali dalam selang 10 hari.

6. Pencegahan hama
Hama atau jamur dapat merusak dan mengakibatkan kerusakan pada bunga Anggrek Bulan. Gunakan insektisida, fungisida atau pestisida jika diperlukan.

Bunga Anggrek Bulan

Jaga bunga Anggrek Bulanmu dengan baik-baik ya! Jangan lupa juga cek pilihan Anggrek bulan GHIA Farms dengan klik disini.