5 Jenis Media Tanam Anggrek untuk Bunga Anggrekmu

6 April 2021 5 Jenis Media Tanam Anggrek untuk Bunga Anggrekmu

Bunga Anggrek memiliki banyak pilihan media tanam yang dapat digunakan. Media tanamnya sendiri sebenarnya cukup spesial di karenakan bunga anggrek tidak dapat langsung begitu saja di tanam di atas tanah.

Media tanam yang baik sangat berpengaruh pada perkembangan dan kualitas bunga ini kedepannya. Media yang tepat akan menghasilkan bunga yang indah. Yuk simak 5 jenis media tanam untuk bunga anggrekmu!

1. Potongan Kayu

Potongan kayu memiliki kelebihan sistem aerasi dan drainase yang baik. Jenis media tanam ini cocok untuk jenis anggrek terestrial (jenis bunga anggrek tanah). Namun terdapat kekurangannya yaitu unsur hara nitrogen yang terbatas.

2. Pecahan batu bata atau genteng

Media tanam pecahan batu bata atau genteng ini biasanya digunakan pada bagian dasar pot sebelum di tambah media tanam lainnya. Kelebihan media ini adalah media ini dapat berfungsi sebagai area untuk menempelnya akar, penampung asupan air dan kelembapan sekitar akar.

3. Pakis

Sebagai media tanam, pakis memiliki kelebihan yaitu tidak gampang lapuk, drainase yang baik, dan juga kemampuan aerisasi yang baik. Jenis pakis yang cocok untuk anggrek adalah yang berbentuk potongan – potongan yang tidak benar-benar halus. Pakis dengan jenis potongan ini akan menjaga kondisi tanaman lebih baik di bandingkan jika menggunakan pakis yang benar-benar halus yang dapat memicu kelembaban tinggi yang dapat membuat akar tanaman membusuk.

Sabut Kelapa

4. Sabut Kelapa

Media tanam ini adalah media tanam yang dapat kamu sering jumpai. Sabut kelapa adalah media tanam organik yang memiliki banyak kandungan unsur hara terutama kalium (K).

Banyak orang memakai sabut kelapa dikarenakan daya tampung air yang sangat baik. Sabut yang terbaik berasal dari kelapa tua. Jangan lupa simpan media tanam ini di area yang kering dan sejuk ya agar dapat bertahan lama.

5. Moss

Moss atau yang sering disebut dengan nama lain kadaka adalah jenis tanaman paku-pakuan yang bentuknya menyerupai rumput.

Sama dengan jenis media tanam lain, moss dapat menyimpan air dan mengandung unsur hara Nitrogen sehingga dapat mengatur kelembapan tanaman anggrek dan menjaga agar akar pada tanaman anggrek tidak gampang membusuk.

Media tanam moss ini sangat awet dan dapat di gunakan dalam waktu yang lama. Di bandingkan dengan media tanam sabut kelapa dan potongan kayu, media tanam ini memiliki rongga udara yang cukup banyak sehingga tidak mudah lapuk.

Siapkan media tanam pilihanmu sebelum kamu memindahkan tanaman kedalam pot baru ya. Kamu juga dapat melakukan re-poting (penggantian akar) jika kamu merasa medianya sudah rusak sehingga medianya tidak menghisap akar dan merusaknya juga.

Media Tanam Anggrek

Lengkapi koleksi bunga anggrekmu yuk dengan membelinya di GHIA Farms. Kamu dapat menemukan koleksinya dengan mengklik disini